Agar Tetap Bugar Saat Berpuasa

Ramadhan ini adalah bulan penuh berkah, dimana dilipat gandakan-nya pahala dibading 11 bulan lainnya, dibulan ini dengan sangat produktif, penuh dengan amal shalih. Dengan berpuasa malah mampu memperkuat tubuh kita. Ingat pesen Nabi Muhammad SAW. “Shumuu tasihuu” “Berpuasalah maka kalian akan sehat”

Berikut adalah Tips Agar Kelihatan Bugar Selama Bulan Ramadhan :

1. Niat Berpuasa
Motivasi yang kuat untuk berpuasa, menyebabkan fisik kita siap untuk menghadapi sesuatu yang diakibatkan oleh puasa tersebut. Diketahui bahwa kadar asam lambung orang yang niat untuk berpuasa, lebih rendah dari orang yang kelaparan. Hal ini karena niat (motivasi) puasa menyebabkan penekanan pusat lapar di otak sehingga kita siap menahan lapar, sampai waktu berbuka.

2. TETAP MAKAN SAHUR
Makan sahur penting bagi kita untuk memperoleh cadangan energi dalam melakukan aktifitas keseharian. Bila tidak sahur seseorang akan mudah menjadi hipoglikimia dimana kadar gula dalam darah turun. Hal ini menyebabkan tubuh cepat menjadi lesu, loyo dan mengantuk, bahkan mudah marah. Begitu pentingnya sahur, Nabi SAW menegaskan ummatnya untuk tetap sahur, meskipun dengan seteguk air.

3.Hindari Makanan dan Minuman yang Banyak Mengandung Gula Saat Sahur.
Makanan dan minuman yang terlalu banyak mengandung gula akan memacu tubuh memroduksi insulin untuk segera menetralkan kadar gula dalam darah. Akibatnya rasa lapar akan cepat timbul dan badanpun menjadi cepat lemas dan lesu. Perbanyak makanan yang mengandung protein tinggi, karena protein akan diolah lebih lambat, dibanding jenis makanan lainnya.

4. SEGERA BERBUKA PUASA PADA WAKTUNYA
Segeralah berbuka dengan makanan yang manis (korma) dan secukupnya, makanan yang manis lebih baik untuk usus yang kosong dan lebih cepat diubah menjadi energi.

5. Berolah Raga di Bulan Ramadhan
Salah satu penyebab cepat lelah ketika berpuasa adalah melakukan kebiasaan yang salah, seperti ramai-ramai berolahraga sehabis sahur. Waktu yang paling tepat untuk berolahraga di bulan Ramadhan adalah beberapa jam (1-2 jam) sebelum atau sesudah berbuka. Tidak dianjurkan melakukan olahraga yang terlalu berat selama berpuasa.

6. MENJAGA KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT SELAMA BERPUASA
Ketika puasa semua kegiatan makan dan minum berhenti total sehingga produksi kelenjar air liur mulut berkurang dan mulut menjadi cepat asam dan berbau. Karena itu dianjurkan untuk segera menggosok gigi sehabis makan sahur agar sisa-sisa makanan tidak membusuk di rongga mulut.

About javana80

life is a struggle......

Posted on August 17, 2011, in Tips Sehat. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: