Cara Menjaga Telinga Agar Tetap Bersih

Telinga adalah salah satu panca indra manusia yang sangat penting funsinya. Selain sebagai alat pendengan telingan juga merupakan organ yang sangat menunjang penampilan seseorang.

Ada beberapa tips agar telinga tetap sehat dan bersih :

1. Sebaiknya memperhatikan kebersihan bantal dan kasur, terutama keberadaan serangga atau semut. Jangan abaikan hal ini, karena mereka bisa sangat mengganggu jika berhasil masuk ke telinga.

2. Terlalu sering menggunakan alat pendengar seperti earphone dan headphone dengan suara kencang berpotensi menyebabkan kesehatan telinga dan pendengaran terganggu.

3.  Sangat dianjurkan untuk Anda yang sedang berdiet, kegiatan mengunyah makanan hingga halus ternyata memberi dampak positif bagi kebersihan telinga. Saat mulut bergerak, secara otomatis telinga akan mendorong kotorannya keluar.

4. Sebaiknya segera berkunjung ke dokter spesialis THT. Begitu pula, saat Anda ingin membersikan bagian dalam telinga. Lakukan pemeriksaan rutin setidaknya satu tahun sekali.

5. Kebiasaan mengorek bagian dalam telinga menggunakan cutton bud, alat pembersih dengan bahan keras, sama sekali tidak disarankan.

6. Bersihkan bagian luar telinga saja agar tidak terjadi hal2 yang tidak kita inginkan,misal : Infeksi ,pecahnya gendang telinga yang disebabkan cara mengorek terlalu dalam.

About javana80

life is a struggle......

Posted on July 18, 2011, in Tips Sehat. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: