4 Vitamin Yang Bagus Untuk Sehatkan Mata

Kebanyakan  masyarakat kita mungkin menilai bahwa vitamin A saja yang dapat menyehatkan mata. Namun bila ditilik lebih jauh sebenarnya masih ada beberapa vitamin lain yang juga baik untuk kesehatan mata kita. Apa sajakah vitamin tersebut, berikut ulasan lengkapnya.

Vitamin sangat penting agar mata tetap sehat dan memiliki penglihatan yang jelas termasuk fungsi dari kornea, pupil, lensa dan retinanya.

Kekurangan salah satu vitamin tersebut bisa meningkatkan risiko penyakit yang terkait dengan mata seperti kemampuan penglihatan yang kurang, katarak, glaukoma, mata kering, penyakit diabetes mata, degenerasi makula dan kebutaan.

Beberapa vitamin diketahui memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan mata Yaitu :

1. Vitamin A
Mata membutuhkan vitamin A untuk membantu penglihatan. Vitamin A juga sering disebut dengan retinoic acid yang mempengaruhi transkripsi gen. Kekurangan vitamin A dikaitkan dengan kebutaan malam, dan jika kekurangannya berlangsung dalam jangka waktu yang lama bisa menyebabkan mata kering atau disebut dengan xeroftalmia.

Mata kering ditandai dengan ketidakmampuan air mata bekerja dengan benar sehingga menyebabkan penurunan kemampuan seseorang untuk membaca dalam jangka waktu lama karena menimbulkan rasa perih di mata.

2. Vitamin C
Vitamin ini terdiri dari antioksidan yang merangsang sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi dan melindungi tubuh dari bahan kimia berbahaya serta beracun. Karenanya vitamin C ini akan melindungi mata dari kerusakan termasuk katarak yang membuat penglihatan seseorang buram atau warnanya memudar karena terhalang oleh sesuatu yang berbentuk seperti awan.

Studi yang dilakukan oleh ilmuwan London School of Hygiene and Tropical Medicine di Inggris menemukan konsumsi vitamin C yang cukup bisa berperan aktif untuk melindungi katarak dengan menurunkan risiko sebesar 64 persen. Hasil ini diterbitkan dalam Journal of Nutrition tahun 2002.

3. Vitamin D
Vitamin D memainkan peran dalam mencegah degenerasi makula, yaitu berkurangnya ketajaman penglihatan seseorang secara berangsur-angsur yang berhubungan dengan penuaan. Studi yang diterbitkan dalam Archives of Ophthalmology tahun 2007 menuturkan vitamin D dapat melindungi mata dari degenerasi makula.

4. Vitamin E
Vitamin E adalah antioksidan yang melindungi sel dari radikal bebas. Seseorang yang kekurangan vitamin E nantinya dapat meningkatkan risiko retinopati berpigmen yaitu suatu kondisi yang melibatkan kerusakan retina. (detikcom)

About javana80

life is a struggle......

Posted on June 20, 2011, in Tips Sehat. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: