Sudah Saatnya Mengatur Hidup Yang Sehat

makanan-sehat* Dalam mengolah makanan yang akan kita makan sebaiknya dijaga kebersihanya,disamping itu  pengolahan makanan yang kurang higienis juga dapat mempengaruhi kualitas dari makanan itu sendiri. Pilihlah makanan dengan metode memasak dikukus, direbus, atau ditumis dengan sedikit minyak.

* Sedapat mungkin hindari bahan pangan atau bahan pengawet yang dalam jangka panjang dapat menjadi pemicu kanker.

* Pilihlah makanan atau minuman yang berwarna putih alami. Gunakan pewarna dari bahan makanan misalnya warnet coklatnya dari bubuk coklat, merahnya strowbery, kuningnya kunyit, dan hijaunya daun suji. Jangan menambahkan saus, kecap, garam dan bumbu-bumbu penyedap secara berlebihan. Perbanyak makan buah dan sayuran.

* Kurangi makan yang memiliki kadar lemak tinggi, seperti margarine, mentega, dan santan. Alangkah baiknya didapat dari asupan lemak alami dari biji-bijian,kacang-kacangan dan lupakan semua makanan yang bersantan,kulit ayam dan kuning telur, pilihlah daging yang memiliki kadar lemak yang rendah dan konsumsilah makanan yang mengandung protein misal ikan.

* Minumlah air putih sesuai dengan aturan minimal 18 gelas sehari

* Sebaiknya hindari minum minuman yang mengandung alkohol karena dapat merusak fungsi hati.

* Jauhilah penggunaan obat-obatan terlarang seperti narkoba dll.

About javana80

life is a struggle......

Posted on July 20, 2009, in Tips Sehat. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: