Air Kelapa Muda Memiliki Banyak Kegunaan

air kelapaRasanya juga membuat badan lebih enak dan bersemangat, mirip seperti efek kopi tapi tanpa efek samping seperti berdebar dan mulut kering. Kopi bagi saya juga cuma sebentar saja efeknya, setelah itu malah lebih mengantuk. Mungkin mirip mobil yang dipaksa lalu malah ngos-ngosan. Itulah sebabnya saya biasanya hanya minum kopi disaat libur (setelah minum kopi langsung tidur siang).

1.Bagus untuk sirkulasi darah sehingga mengurangi tekanan darah (statement ini diapprove oleh FDA) dan baik untuk penderita diabet. Tapi ada paper dari peneliti Indonesia yang mengatakan bahwa tidak ada pengaruh kelapa mudah pada tekanan darah (papernya perlu riset lebih lanjut menurut saya karena diukur dalam jangka pendek dan samplenya cuma 20 orang-an).

2.Mengandung Cytokinin yang dipercaya sebagai bahan anti penuaan dan anti kanker.

3.Mengurangi plak pada arteri (setidaknya pada anjing percobaan) sehingga bagus untuk jantung. Menyeimbangkan kolesterol jahat dan baik.

4.Baik digunakan untuk sistem urinari (dapat menghilangan batu ginjal) dan reproduksi.

5.Rendah gula tapi rasanya enak (dalam volume yang sama, kadar gulanya hanya 20% dari jus apel).

6.Fat free dan tanpa kolesterol.

7.Mengandung nutrisi, vitamin dan terutama mineral. Cocok untuk melawan dehidrasi. Mirip seperti cairan yang banyak diiklankan tapi jauh lebih bagus karena lebih lengkap dan tanpa tambahan bahan kimia. Bahkan di dalam keadaan darurat, air kelapa muda yang steril dapat digunakan langsung sebagai cairan infus.

Dibandingkan asam amino yang terdapat di susu sapi, asam amino yang terkandung dalam air kelapa ternyata lebih tinggi. Sementara unsur karbon dapat dijumpai dalam bentuk karbohidrat sederhana seperti glukosa, sukrosa, fruktosa, sorbitol, inositol, dan lainnya. Begitu pula dengan unsur mikro dalam air kelapa berupa mineral yang dibutuhkan sebagai penganti ion tubuh. Layak memang, bila setelah minum kelapa muda tubuh kita terasa kembali segar. Jika diteliti lebih jauh, air kelapa ternyata juga mengandung beragam vitamin. Di antaranya vitamin C yang dominan, asam nikotinat, asam folat, asam pantotenat, biotin, serta riboflavin. Tak heran jika air kelapa juga dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan tradisional sekaligus kecantikan.

About javana80

life is a struggle......

Posted on July 13, 2009, in Tips Sehat. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: