Cara Memasak Salad Yang Sehat

saladSiapa yang tak tergoda mencicipi salad lezat yang terhidang di depan mata. Perpaduan sayuran atau buah yang segar, menjadi pelengkap diet yang Anda lakukan. Maklum, salad penuh vitamin dan antioksidan yang bisa menjaga pinggang tetap langsing. Juga makanan terbaik untuk mencegah penyakit jantung koroner dan kanker. Anda pun bisa membuat sendiri salad di rumah.mengonsumsi salad dan sayuran segar dengan campuran saos salad di dalam tubuhnya memiliki kandungan vitamin C, E, B6 dan asam folat yang kadarnya tinggi. Perlu diketahui, nutrisi tersebut sangat penting untuk meningkatkan sistem imun dan menekan risiko terjadinya obesitas, penyakit jantung dan penyakit kronik lainnya.

Ada Beberapa Cara Membuat Salad Yang Sehat :
*
Sayuran organik merupakan pilihan terbaik. Jika Anda tidak bisa mendapatkan sayuran organik, pastikan mencuci sayuran non-organik yang dibeli dengan seksama. Terutama untuk menghilangkan pestisida dan zat-zat tak berguna lainnya.

* Rahasia untuk mendapatkan salad yang lezat adalah sayuran yang dipakai dalam kondisi segar dan matang. Tomat akan berasa lebih manis bila Anda letakkan di tempat gelap dengan temperatur ruangan, kemudian memindahkannya ke kulkas saat tomat sudah berubah matang, berwarna merah tua dan segar. Tentu saja, Anda mesti ingat bahwa salad, tanaman herbal dan sayuran hijau yang disimpan terlalu lama akan kehilangan nutrisi terbaiknya.

* Campur salad menggunakan bumbu-bumbu yang sudah diracik sendiri, dengan kualitas yang baik. Diantaranya minyak zaitun asli, cuka apel, perasan jeruk segar, tomat atau krim lainnya. Sebisa mungkin hindari menggunakan bumbu yang dijual bebas. Pasalnya bahan-bahan ini biasanya terasa tengik, kualitas minyak sayur yang rendah, mengandung bahan pengawet dan zat pewarna, juga nilai nutrisi yang rendah.

* Campur sayuran dalam fariasi yang berbeda. Sajikan salad akan lebih menarik dengan warna hijau, putih, merah dan kuning. Selain penuh dengan mineral, vitamin, antioksidan dan enzim, salad tersebut juga sehat.

* Panasi sayuran dengan uap panas sebelum mencampurkannya menjadi salad. Panas bisa membuat nutrisi dalam beberapa sayuran lebih bermanfaat di tubuh, seperti asparagus atau brokoli.

* Beri parutan keju di atas salad yang sudah disiapkan, agar tampilan lebih menarik. Selain itu bau keju bisa mengundang selera untuk langsung menyantap salad.

About javana80

life is a struggle......

Posted on March 14, 2009, in Tips Sehat. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: